WASPADA MODUS PENIPUAN BERKEDOK UNDANGAN TRAINING

Ilustrasi Penipu

Halo sobat sukses dimanapun anda berada, disini saya akan sharing tentang pengalaman buruk saya ditipu oleh seseorang yang mengaku sebagai Manajer External Affairs PT Indo Tambangraya Megah Tbk bernama Totok Antarestyanto (yang kemungkinan adalah nama palsu). Mau tau ceritanya? Scroll terus ke bawah ya

Jadi ceritanya saya dapat info undangan training public speaking di Samarinda dari orang bernama Totok ini dan dia menawarkan jumlah uang yang cukup fantastis kalau saya mau mengisi training di perusahaannya.

undangan training dari penipu

Memang foto profilnya sangat meyakinkan seperti benar-benar orang dari perusahaan pertambangan. Nah yang bikin saya semakin yakin adalah setelah saya searching di google memang alamat perusahaannya jelas ada dan dia tau tentang materi in house training jadi dia sepertinya udah profesional banget.

foto profil palsu sang penipu

Setelah itu yang membuat saya semakin yakin adalah dia mengirimkan Draf Kontrak Kerjasama sebanyak 4 lembar yang katanya harus saya tanda tangani dulu untuk kesepakatan bersama. Kontrak kerjanya sangat meyakinkan karena dilengkapi dengan pasal-pasal dan bahasa yang sangat formal nan indah. Bisa anda liat di bawah ini

kontrak kerja palsu

Besoknya dia menelepon saya untuk membooking tiket pesawat Batik Air yang masih satu grup dengan Lion Air. Disini saya sebenarnya sudah mulai sedikit curiga, karena itulah saya cek nama penumpang di website resmi lion air dan memang di sana nama saya terdaftar walaupun memang statusnya belum dibayar

 

booking tiket pesawat

Disinilah dia meyakinkan saya untuk tenang saja karena dengan cerdiknya dia memberi tau saya bahwa uang tersebut akan diganti PT ITM dengan syarat saya harus mengirimkan foto KTP. Dia pun mengirimkan Form Pengembalian Pembayaran yang harus saya tanda tangani supaya nanti setelah sampai disana, uang transport pesawat dan hotel akan diganti oleh pihak perusahaannya.

form biaya ganti palsu

Setelah itu dia menyuruh saya untuk cepat-cepat mentransfer sejumlah uang ke rekening BCA 6485154942 untuk booking tiket pesawat dan hotel karena katanya sorenya dia banyak kerjaan.

bayar tiket pesawat

Setelah saya masukkan ke m-banking keluarlah kode GJK yang saya kira adalah sebuah kode Virtual Account perusahaan (ada di gambar). Belakangan saya baru tau ternyata itu adalah rekening gojek

bayar hotel

Hal yang membuat saya semakin percaya adalah dia mengirimkan email tiket elektronik pesawat dengan mencantumkan website resmi http://itmg.co.id dan emailnya pun email resmi seperti benar-benar email dari PT ITM. Hal itu pun membuat saya semakin yakin untuk pergi ke Bandara Soekarno Hatta jakarta

email palsu penipu

Setelah melakukan rapid test di bandara soetta dan hasilnya non reaktif, petugas mengecek kertas hasil rapid test saya dan saya pun dipersilakan masuk ke tempat check in dan bagasi. Saya pun langsung memperlihatkan tiket online saya ke petugas dan setelah dicek, petugas itu bilang saya belum melakukan pembayaran dan saya pun dipersilakan untuk menuju customer service.

Alangkah terkejutnya saya ketika bertanya ke customer service, petugasnya bilang memang nama saya terdaftar tapi statusnya dicancel dan setelah saya perlihatkan rekening BCA tersebut, petugas itu pun makin bingung karena rekening itu ternyata bukan rekening Batik Air!

Dia bilang semua penerbangan biasanya mengirimkan QR Code yang bisa discan untuk memudahkan penumpang. Saya pun sadar waktu itu saya telah DITIPU. Wuih parah sekali!

Singkat cerita total kerugian perusahaan saya yaitu People Power Academy adalah sebesar 3,7 jutaan tapi alhamdulillah hikmahnya adalah saya jadi tau pola-pola yang digunakan para penipu profesional untuk menipu korbannya jadi saya bisa mengingatkan orang lain agar tidak tertipu.

Jadi buat teman-teman semua, kalau ada orang tidak bertanggungjawab yang menggunakan KTP atas nama saya sendiri yaitu Muhammad Azmi Fauzan untuk membeli barang di toko online atau di medsos manapun mohon diabaikan saja karena data KTP saya telah dicuri oleh penipu yang tidak bertanggung jawab.

Anda pun harus hati-hati jika anda mendapatkan tawaran pekerjaan, job freelance atau pekerjaan apapun di luar kota ataupun luar pulau, JANGAN MAU TRANSFER DULUAN karena biasanya mereka akan bilang bahwa itu adalah uang untuk biaya transportasi dan booking hotel. Untuk meyakinkan anda, mereka pun biasanya akan mengirimkan Form Pengembalian Pembayaran atau Form Biaya Ganti yang harus ditandatangani. Hati-hati! Itu adalah modus penipuan online yang sedang marak dikala pandemi ini.

Untukmu sang penipu, sadarlah karena hidup itu cuma sekali sob. Meskipun anda dapat ratusan juta dari hasil nipu, uang itu tidak akan berkah di dunia maupun di akhirat. Saya hanya bisa berdoa semoga komplotan anda mendapat hidayah dari Allah agar segera bertobat. Aamiin.

Hati-hati ya buat teman-teman trainer semoga tidak ada lagi korban baru yang mengalami penipuan seperti saya karena pastinya ga enak banget kalau diharkosin dan kehilangan uang hehe.

Untuk teman-teman pengusaha mohon waspada dengan rekening BCA 6485154942 siapa tau dia menyamar jadi pembeli olshop ataupun penjual barang-barang di media sosial.

Semoga postingan ini bermanfaat untuk kita semua.

Silakan boleh dishare untuk mengingatkan teman-teman dan sodara anda